Sabtu, 22 Maret 2014

Power Point Manajemen Waktu


      KELOMPOK 7:
- FX . Andaru Triyo Prayogo (13112071)
- Rahman Paharjo (15112930)
- Erda Olivia Rusmana(12112514)
- Arvin Satyaprana(11112177)
- Riza Rabbany Gemilang Zen (16112517)
- Refha Febrian S (16112078)
- Indriani Pieter (13112725)
      Manajemen Waktu
      Manajemen Waktu
            Manajemen waktu merupakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan produktivitas waktu. Sehingga waktu yang kita miliki dapat terpakai secara efissien.
      Memahami Manajemen Waktu
      Anda tidak harus  belajar secara teori untuk mengetahui bahwa waktu adalah relatif.
      Sedikit waktu dapat lebih menyenangkan
      Lakukakan sedikit pekerjaan
      Batasi jenis pekerjaan
      Berusahalah lebih untuk lebih selektif
            Agar tetap dapat mengendalikan waktu anda jangan lakukan terlalu banyak menyita waktu dan perhatian anda.
      Lakukan pada saat itu juga
      Melakukan sesuatu pada saat itu juga adalah hal paling terpenting dalam setiap kehidupan kita akan membuat kita lebih bijaksana dalam menggunakan waktu
      Penerapan Manajemen Waktu           
Terdiri dari :
      Membentuk tujuan akhir
      Membuat jadwal untuk mencapai hasil
      Manajemen stress
      Mengelola waktu dalam perjalanan
      Membentuk tujuan akhir
      Pentingnya membuat Pioritas
      Identifikasi pioritas-pioritas anda di tempat yang tenang jauh dari gangguan rekan kerja atau teman
      Bidang-bidang kehidupan yang di susun oleh Dr. Tony Alesandra yaitu:
      Mental                         - Fisik
      Keluarga                                  - Sosial
      Spiritual                                   - Karir
      Keuangan
Jika terlalu banyak prioritas kemungkinan besar tidak akan dapat melaksakan masing-masing prioritas
      Intisari pengidentifikasian prioritas:
      Tulislah segala hal yang penting bagi anda jangan ragu membuat daftar yang panjang dan berbelit-belit
      Baca kembali daftar yang telah anda buat, pada saat pemeriksaaan ke dua coret semua hal yang tapaknya tidak perlu serata masukkan item-item yang serupa
      Jika terlalu banyak prioritas kemungkinan besar akan di landa ke cemasan dan frustasi
      Membuat jadwal untuk mencapai hasil
      Pokok-pokok yang sama
      Perencanaan masa kini memungkinkan anda menyelesaikan tugas-tugas berikut:
      Mengatur jadwal harian, mingguan dan bulanan anda.
      Memisahkan antara aktivitas harian anda dengan tugas-tugas penting dan mendesak yang anda tangani.
      Merencanakan proyek-proyek pekerjaan.
      Memakai bersama file-file dengan men-download
      Menghubungkan secara elektronik rencana dan jadwal anda dengan orag lain.
      Tulislah inisial nama pekerjaan tertentu untuk menandai orang-orang yang kerja samanya di perlukan atau kepada siapa anda akan mendelegasikan seluruh pekerjaan.
      Manajemen Stress
            Sebelum bisa memanajemen stress, kita perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan kondisi stress itu sendiri.
Stress adalah kondisi dimana kita berada dibawah tekanan yang mengganggu pola pikir.
      Ciri-ciri Orang yang Mengalami Stress
      Kerongkongan anda kering
      Sakit rahang atau tertekan
      Nafas pendek atau dangkal
      Cenderung lebih dingin dan begejolak
      Selalu pusing
      Rasa panas dalam perut
      Detak jantung lebih cepat
      Tekanan darah naik
      Cara Memanajemen    Stress    
      Memelihara rasa humor
      Melakukan peregangan secara teratur
      Berbicara pada orang lain
      Pijat atau relaksasi
      Berjalan kakilah
      Minum air putih
      Aroma Therapy
      Tarik nafas dalam-dalam
      Meditasi
      Memperbanayak Waktu Luang dengan Pendelegasian
Pendelegasian adalah memberikan wewenang kepada orang lain agar kita memiliki waktu luang lebih banyak.
Anda dapat memperoleh hasil kerja yang terbaik jika anda mendelegasikan tugas anda kepada orang lain yang mampu mengerjakannya dengan keterampilan dan ide-ide yang cemerlang.
      Yang Perlu Diperhatikan dalam Pendelegasian         
      Merencanakan pemberian tugas dengan baik sebelum mengerjakannya
      Memberi intruksi dengan jelas
      Bersikap luwes dengan batasan waktu
      Memonitor perkembangan pekerjaan
      Tegas dan luwes
      Tetap mencatat bagaimana suatu pekerjaan diselesaikan
      Yang Tidak Seharusnya Dilakukan Ketika Mendelegasikan Tugas  
      Jangan terburu-buru
      Jangan memeberi intruksi yang tidak lengkap
      Jangan mengabaikan perhatian kepada orang yang diberi wewenang
      Jangan sewenang-wenang dalam mendelegasikan tugas
      Jangan menganggap bahwa cara anda adalah satu-satunya cara yang dapat digunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar