Salam
Sejahtera,
Kriteria
seorang manajer proyek yang baik yaitu :
1. Problem Solving,
kemampuan manajer dalam menyelesaikan suatu masalah dengan efektif dan efisien.
2. Budgeting and Cost Skills,
kemampuan dalam hal membuat sebuah anggaran biaya proyek, analisis kelayakan
investasi agar keuangan proyek dapat berjalan optimal sesuai dengan keinginan
penyedia dana.
3. Scheduling and Time Management
Skills, kemampuan untuk menjadwalkan proyek.
4. Leadership Skills,
kemampuan ini penting dimiliki karena apa yang yang dilakukan oleh seorang
manajer proyek menandakan bagaimana seharusnya orang lain atau timnya bekerja.
5. Resource Management and Human
Relationship Skills, kemampuan ini adalah masalah utama
bagi para manajer proyek. Karena manajer proyek harus memahami akibat dari
kegagalan dalam mengelola sumber daya. Hal ini membutuhkan kemampuan untuk
membangun jaringan social dengan orang-orang yang terlibat didalam proyek.
Seorang manajer proyek juga harus mampu untuk menempatkan diri dalam memberikan
keterbukaan dan persahabatan dengan pihak lain, salah satunya menjadi pendengar
yang baik.
6. Communication Skills,
seorang manajer proyek harus memiliki kemampuan komunikasi dengan baik, karena
jika tidak ada komunikasi yang efektif maka perencanaan sebuah proyek tidak
akan berjalan dengan lancar.
7. Marketing, Contracting, Customer
Relationship Skills; kemampuan menjual tidak hanya dimiliki
oleh seorang marketing, tetapi seorang manajer proyek harus memiliki kemampuan
untuk memasarkan hasil proyeknya. Selain itu, kedekatan dengan para konsumen
juga sangat diperluka, manajer proyek harus responsive terhadap perubahan
kebutuhan dan persyaratan pelanggan untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Sekian
pembahasan mengenai beberapa kriteria manajer proyek yang baik menurut saya,
semoga dapat membantu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar