1.
Pendahuluan
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai
bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi
(IPTEK)secaraumumadalahsemuayangteknologi berhubungan dengan pengambilan,
pengumpulan (akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian
informasi (Kementerian Negara Riset dan Teknologi, 2006: 6). Tercakup dalam definisi
tersebut adalah semua perangkat keras, perangkat lunak, kandungan isi, dan
infrastruktur komputer maupun (tele)komunikasi. Istilah TIK atau ICT
(Information and Communication Technology), atau yang di kalangan negara Asia
berbahasa Inggris disebut sebagai Infocom, muncul setelah berpadunya teknologi
komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya) dan teknologi
komunikasi sebagai sarana penyebaran informasi pada paruh kedua abad ke20.
Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang sangat pesat, jauh melampaui
bidang-bidang teknologi lainnya. Bahkan sampai awal abad ke-21 ini, dipercaya
bahwa bidang TIK masih akan terus pesat berkembang dan belum terlihat titik
jenuhnya sampai beberapa dekade mendatang. Pada tingkat global, perkembangan
TIK telah mempengaruhi seluruh bidang kehidupan umat manusia.
Intrusi TIK ke dalam bidang-bidang teknologi lain
telah sedemikian jauh sehingga tidak ada satupun peralatan hasil inovasi
teknologi yang tidak memanfaatkan perangkat TIK. Membicarakan pengaruh TIK pada
berbagai bidang lain tentu memerlukan waktu diskusi yang sangat panjang. Dalam
makalah ini, kaitan TIK dengan proses pembelajaran disoroti lebih dibanding
dengan kaitannya dengan bidang lain. Tanpa mengecilkan pengaruh TIK di bidang
lain, bidang pembelajaran mendapatkan manfaat lebih dalam kaitannya dengan
kemampuan TIK mengolah dan menyebarkan informasi.
1.1.
Teknologi Antar Muka berbasis Telematika
Antarmuka
( interface ) adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai
sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah
komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua
jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface (CLI - yang berbasis pada teks
tanpa adanya gambar seperti ms-dos) dan Graphical User Interface (GUI - yang
berbasis grafis, dgn memiliki tampilan berupa menu dan icon - icon seperti windows).
Telematika
menurut pemerintah diartikan sebagai singkatan dari tele = telekomunikasi, ma =
multimedia,dantika=informatika. Telematikasudah merupakan bagian yang tak
terpisahkan dari kehidupan manusia, bahkan menjadi komoditas industri, bisnis
informasi, media dan telekomunikasi. Secara umum telematika merupakan
bertemunya sistemjaringankomunikasidenganteknologiinformasi. Setelah mengetahui
arti dari antarmuka dan telematika, maka dapat disimpulkan arti dari antarmuka
telematika adalah sebuah kegiatan telematika yang berhubungan langsung dengan
pengguna. Terdapat 6 ( enam ) teknologi yang terkait antaramuka telematika
yaitu :
•
Head Up Display (HUD)
•
Tangible User Interface
•
Computer Vision
•
Browsing Audio Data
•
Speech Recognition
•
Speech Synthesis
1.1.1.
HUD
System
Head-up display, atau disingkat HUD, adalah setiap
tampilan yang transparan menyajikan data tanpa memerlukan pengguna untuk
melihat diri dari sudut pandang atau yang biasa. Asal usul nama berasal dari
pengguna bisa melihat informasi dengan kepala “naik” (terangkat) dan melihat ke
depan, bukan memandang miring ke instrumen yanglebihrendah.
HUDterbagimenjadi3generasi yang mencerminkan teknologi yang digunakan untuk
menghasilkan gambar, yaitu:
1.
GenerasiPertama–GunakanCRTuntukmenghasilkan sebuah gambar pada layar fosfor,
memiliki kelemahan dari degradasi dari waktu ke waktu dari lapisan layar
fosfor. Mayoritas HUDs beroperasi saat ini adalah dari jenis ini.
2.
Generasi Kedua – Gunakan sumber cahaya padat, misalnya LED, yang dimodulasi
oleh sebuah layar LCD untuk menampilkan gambar. Ini menghilangkan memudar
dengan waktu dan juga tegangan tinggi yang dibutuhkan untuk sistem generasi
pertama. Sistem ini pada pesawat komersial.
3.
Generasi Ketiga – Gunakan waveguides optik untuk menghasilkan gambar secara
langsung dalam Combiner daripada menggunakan sistem proyeksi. Penggunaan HUD
dapat dibagi menjadi 2 jenis. Jenis pertama adalah HUD yang terikat pada badan
pesawat atau kendaraan chasis. Sistem penentuan gambar yang ingin disajikan
semata-mata tergantung pada orientasi kendaraan. Jenis yang kedua adalah HMD,
helm dipasang yang menampilkan HUD dimana elemen akan ditampilkan tergantung
pada orientasi dari kepala pengguna.
1.1.2.
Tangible
User Interface
Tangible User Interface, yang disingkat TUI, adalah
antarmuka dimana seseorang dapat berinteraksi dengan informasi digital lewat
lingkungan fisik. Nama inisial Graspable User Interface, sudah tidak lagi
digunakan. Salah satu perintis TUI ialah Hiroshi Ishii, seorang profesor di
Laboratorium Media MIT yang memimpin Tangible Media Group. Pandangan
istimewanya untuk tangible UI disebut tangible bits, yaitu memberikan bentuk
fisik kepada informasi digital sehingga membuat bit dapat dimanipulasi dan
diamati secara langsung. Beberapa pendekatan telah dilakukan untuk membangun
middleware untuk TUI generik. Mereka
sasaranmenujukemerdekaanaplikasidomainserta fleksibilitas dalam hal teknologi
sensor yang digunakan. Sebagai contoh, Siftables menyediakan sebuah platform
aplikasi yang sensitif menampilkan gerakan kecil bertindak bersama-sama untuk
membentuk antar muka manusia – computer.
1.1.3.
Computer
Vision
Computer Vision adalah ilmu pengetahuan dan
teknologi mesin yang dapat mengerti, di mana “mengerti” dalam hal ini berarti
bahwa mesin mampu mengekstrak informasi dari sebuah gambar yang diperlukan
untuk menyelesaikan beberapa tugas. Sebagai suatu disiplin ilmu, computer
vision berkaitan dengan teori di balik sistem buatan yang mengekstrak informasi
dari suatu gambar. Data gambar dapat mengambil banyak bentuk, seperti urutan
video, pandangan dari beberapa kamera, atau data multi-dimensi dari scanner
medis. Sebagai disiplin teknologi, computer vision berusaha untuk menerapkan
teorinya dan modelnya untuk pembangunan sistem computer vision. Contoh aplikasi
computer vision mencakup sistem untuk :
· Proses
pengendalian (misalnya, suatu industri robot atau kendaraan otonom) Mendeteksi peristiwa
(misalnya, untuk pengawasan visual atau perhitungan penduduk)
· Mengorganisir
informasi (misalnya, untuk pengindeksan database gambar, dan urutan gambar)
· Memodelkan
objek atau lingkungan (misalnya,penyelidikanindustri,analisiscitramedis, atau pemodelan
topografi)
· Interaksi
(misalnya, sebagai masukan ke perangkat untuk interaksi manusia dan komputer)
1.1.4.
Browsing
Audio Data
Browsing Audio Data Browsing Audio Data merupakan
metode browsing jaringan yang digunakan untuk browsing video / audio data yang
ditangkap oleh sebuah IP kamera. Jaringan video / audio metode browsing
mencakupi langkahlangkah sebagai berikut Menjalankan sebuah program aplikasi
komputer lokal untuk mendapatkan kode identifikasi yang disimpan dalam kamera
IP. Transmisi untuk mendaftarkan kode identifikasi ke DDNS ( Dynamic Domain Name
Server) oleh program aplikasi. Mendapatkan kamera IP pribadi alamat dan alamat
server pribadi sehingga pasangan IP kamera dan kontrol kamera IP melalui kamera
IP pribadi alamat dan alamat server pribadi compile ke layanan server melalui
alamat server pribadi sehingga untuk mendapatkan video / audio data yang
ditangkap oleh kamera IP, dimana server layanan menangkap video / audio data
melalui Internet.
1.1.5.
Speech
Recognition
Speech Recognition yang juga dikenal sebagai
Automatic Speech Recognition atau Computer Speech Recognition, dapat
mengkonversikan kata-kata lisan menjadi teks. Istilah “pengenalan suara”
terkadang digunakan untuk merujuk kepada sistem pengenalan yang harus dilatih
untuk pembicara tertentu, sebagai suatu kasus khusus untuk kebanyakan
pengenalan perangkat lunak desktop. Mengenali pembicara dapat menyederhanakan
tugas menerjemahkan pembicaraan. Speech recognition adalah solusi yang lebih
luas yang mengacu pada teknologi yang dapat mengenali pembicaraan tanpa
ditargetkan pada pembicara tunggal seperti sistem call center yang dapat
mengenali suara dengan sendirinya. Aplikasi speech recognition mencakup voice
user interface seperti voice dialing, call routing, pengendali alat domotic,
pencarian, memasukkan data sederhana, persiapan dokumen terstruktur, pemrosesan
speech-to-text, dan pesawat.
1.1.6.
Speech
Synthesis
Speech synthesis adalah transformasi dari teks ke
arah suara (speech). Transformasi ini mengkonversi teks ke pemadu suara (speech
synthesis) yang sebisa mungkin dibuat menyerupai suara nyata, disesuaikan
dengan aturan – aturan pengucapan bahasa.TTS (text to speech) dimaksudkan untuk
membaca teks elektronik dalam bentuk buku, dan juga untuk menyuarakan teks
dengan menggunakan pemaduan suara. Sistem ini dapat digunakan sebagai sistem
komunikasi, pada sistem informasi referral, dapat diterapkan untuk membantu
orang-orang yang kehilangan kemampuan melihatdanmembaca. Adabeberapamasalahyang
terdapat pada pemaduan suara, yaitu:
· User
sangat sensitif terhadap variasi dan informasisuara.
Olehsebabitu,merekatidakdapat memberikantoleransiatasketidaksempurnaan pemadu
suara.
· Output
dalam bentuk suara tidak dapat diulang atau dicari dengan mudah.
· Meningkatkan
keberisikan pada lingkungan kantor atau jika menggunakan handphone, maka akan
meningkatkan biaya pengeluaran. Lingkungan dari aplikasi pemadu suara adalah:
Bagi tunanetra, pemadu suara menawarkan media komunkasi dimana mereka dapat
memiliki akses yang tidak terbatas. Lingkungan dimana visual dan
hapticskilluserberfokuspadahallain. Contohnya: sinyal bahaya pada kokpit
pesawat udara.
2.
Hasil
Uji Coba
Dengan
penggabungan teknologi telematika dengan jaringan komputer serta komponen
lainnya berhasil menghasilkan sebuah teknologi yang sangat membantu dalam
mempermudah komunikasi tatap muka, teknologi tersebut disebut “Video
Conference”. Dimana dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan komunikasi dua arah yang
dapat langsung bisa bertatap muka secara real time, sehingga sangat membantu
untuk kemudahan komunikasi jarak jauh serta pemanfaatan dalam segi bisnis dan
lainnya seperti meeting, presentasi, wawancara dan lainnya yang bisa dilakukan
menggunakan teknologi “Video Conference”.
3.
Kesimpulan
Antarmuka
(interface) adalah suatu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana
interaksi antar pengguna dengan sistem operasi tersebut. Antarmuka ini sendri
mempunyai dua macam yaitu Command Line Interface (CLI) tipe antarmuka ini
dimana pengguna berinteraksi dengan
sistem operasi melalui
text-terminal. Dan Graphical User Interface (GUI) tipe antarmuka ini digunakan
oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gamar, icon,
menu dan menggunakan perangkat penunjuk seperti mouse atau track ball. Lalu terdapat
6 teknologi yang terkait dengan antarmuka telematika yaitu yang pertama Head Up
Display (HUD) ini merupakan tampilan transparan yang menampilkan data tanpa
mengharuskanpenggunanyauntukmelihatkearah lain dari sudut pandang biasanya.
Yang kedua adalah Tangible User Interface yaitu teknologi yang memberikan
kemudahan untuk berinteraksi denganinformasidigitalmelaluilingkunganfisik. Yang
ketiga adalah Computer Vision yaitu teknologi data citranyadapat dalam berbagai
bentuk. Yang keepat adalah Browsing Audio data yaitu teknologi dengan
menggunakan metode browsing jaringan yang digunakan untuk browsing video/audio
yang ditangkap oleh sebuah IP kamera. Yang kelima adalah Speech Recognition
yaitu teknologi yang bisa merubah suara menjadi tulisan. Dan yang terakhir
adalah Speech Synthesis yaitu teknologi hasil kecerdasan buatan dari
pembicaraan manusia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar